Kronologi AS Roma Dihukum Kalah 0-3

Kronologi AS Roma Dihukum Kalah 0-3

Kronologi AS Roma Dihukum Kalah 0-3

AS Roma dinyatakan kalah 0-3 dari Hellas Verona dalam pekan pertama Liga Italia, berdasarkan keputusan operator kompetisi Serie A, Selasa (22/9) waktu setempat. Berikut kronologi AS Roma kalah 0-3 dari Verona.
I Giallorossi dijadwalkan menjalani pertandingan pembuka Liga Italia musim ini melawan Hellas Verona di Stadion Marc’Antonio Bentegodi, Minggu (20/9) dini hari waktu Indonesia.

Pelatih Roma, Paulo Fonseca, memasukkan 21 nama ke dalam susunan pemain melawan Verona. Arsitek asal Portugal itu memainkan gelandang Amadou Diawara ke dalam 11 pemain yang diturunkan sejak menit awal.

Pertandingan tersebut harus berakhir imbang 0-0, meskipun tim tamu lebih mendominasi permainan dengan 55 persen penguasaan bola dan melepaskan 21 tembakan, dengan 7 di antaranya on target.

Kiper Roma Antonio Mirante jadi salah satu pemain penting Serigala Ibu Kota dalam laga itu. Mirante membuat 6 penyelamatan, dengan 1 di antaranya penyelamatan penting. Roma pun pulang dengan hanya membawa 1 poin.

Akan tetapi, tiga hari kemudian, operator liga Serie A mengeluarkan rilis Roma kalah 0-3 dari Verona karena memainkan gelandang Amadou Diawara.

Pemain asal Guinea itu dipersoalkan karena dianggap tidak masuk ke dalam 25 pemain yang didaftarkan Roma pada pertandingan melawan Verona, akhir pekan lalu.

Dalam rilisnya, Serie A menyebut AS Roma melanggar aturan poin 8 FIGC N. 83/A tanggal 20 November 192014 yang kemudian diubah dengan Pemberitahuan Resmi FIGC N. 76 pada 21 Juni 2018.

“Mengingat Roma memainkan pemain yang tidak terdaftar dalam ’25 pemain’ yang dikomunikasikan lewat email pada 14 September 2020 pukul 12.14,” demikian pernyataan Serie A.

“Oleh karena itu, harus menerapkan sanksi berupa kekalahan pertandingan yang diatur dalam poin 9 Pemberitahuan Resmi FIGC N. 83/A tersebut. memutuskan memberikan sanksi kepada Roma dengan hukuman kekalahan 0-3,” tulis Seri A menambahkan.

Kunjungi Website Liveskor Pertandingan Sepakbola

Akibat kesalahan administrasi yang berakibat fatal bagi Lorenzo Pellegrini dan kawan-kawan, Sekretaris Umum Roma Patanelo Longo mengundurkan diri, dikutip dari Corriere dello Sport.

Roma sendiri tidak tinggal diam terkait kasus Diawara itu. Dikutip dari situs resmi, Roma mengajukan banding atas kasus tersebut.

“AS Roma mengonfirmasi, klub akan mengajukan banding atas keputusan pengadilan olahraga yang memberikan kemenangan 3-0 kepada Hellas Verona setelah pertemuan Serie A hari Sabtu, yang berakhir 0-0,” demikian pernyataan Roma.

Robby Tumewu

Leave a Reply